Menguasai Tema 1: Indahnya Kebersamaan – Contoh Soal UTS Kelas 4 SD Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Menguasai Tema 1: Indahnya Kebersamaan – Contoh Soal UTS Kelas 4 SD Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Semester pertama tahun ajaran baru selalu diwarnai dengan berbagai evaluasi, salah satunya adalah Ujian Tengah Semester (UTS). Bagi siswa kelas 4 SD, UTS menjadi momen penting untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari. Kurikulum 2013 (K13) menekankan pembelajaran tematik, di mana berbagai mata pelajaran terintegrasi dalam satu tema besar. Tema 1, "Indahnya Kebersamaan," adalah salah satu tema fundamental yang sarat dengan nilai-nilai sosial, budaya, dan kekeluargaan, serta mengaitkan berbagai aspek pengetahuan.

Artikel ini akan menyajikan contoh-contoh soal Ujian Tengah Semester (UTS) untuk Tema 1 "Indahnya Kebersamaan" jenjang Kelas 4 SD Kurikulum 2013. Kami tidak hanya akan memberikan soal, tetapi juga menyertakan pembahasan mendalam untuk setiap jenis soal. Tujuannya adalah agar para siswa, guru, dan orang tua dapat memahami pola soal yang mungkin muncul, strategi menjawab yang efektif, serta mengidentifikasi area yang perlu diperdalam. Dengan pemahaman yang komprehensif, diharapkan siswa dapat menghadapi UTS dengan lebih percaya diri dan meraih hasil yang optimal.

Struktur Tema 1: Indahnya Kebersamaan

Sebelum masuk ke contoh soal, mari kita ingat kembali sub-tema yang umumnya dibahas dalam Tema 1 "Indahnya Kebersamaan" pada Kurikulum 2013 untuk Kelas 4 SD. Tema ini biasanya mencakup:

Menguasai Tema 1: Indahnya Kebersamaan – Contoh Soal UTS Kelas 4 SD Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

  • Subtema 1: Aku dan Teman Sebaya – Mengenal diri sendiri dan teman, pentingnya persahabatan, permainan tradisional.
  • Subtema 2: Kebersamaan dalam Keberagaman – Mengenal keragaman suku bangsa, budaya, dan agama di Indonesia, pentingnya toleransi.
  • Subtema 3: Indahnya Kebersamaan di Lingkungan Sekitar – Kegiatan gotong royong, peduli lingkungan, hidup rukun bertetangga.
  • Subtema 4: Kebersamaan dalam Permainan – Permainan yang mengajarkan kerjasama, sportivitas, dan kegembiraan bersama.

Setiap subtema ini akan diintegrasikan ke dalam berbagai mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, SBdP (Seni Budaya dan Prakarya), dan IPA.

Jenis-Jenis Soal yang Umum Muncul dalam UTS

UTS untuk Kurikulum 2013 biasanya mencakup berbagai jenis soal untuk menguji pemahaman siswa secara holistik. Jenis-jenis soal yang sering dijumpai antara lain:

  1. Pilihan Ganda: Soal yang memberikan beberapa pilihan jawaban, siswa memilih satu yang paling tepat.
  2. Isian Singkat: Soal yang meminta siswa mengisi jawaban singkat berupa kata atau frasa.
  3. Uraian Singkat: Soal yang meminta siswa menjelaskan suatu konsep atau memberikan contoh secara ringkas.
  4. Menjodohkan: Soal yang meminta siswa mencocokkan pasangan antara kolom A dan kolom B.

Mari kita mulai dengan contoh soal berdasarkan jenis-jenis tersebut, yang relevan dengan Tema 1 "Indahnya Kebersamaan".

Contoh Soal UTS Kelas 4 SD K13 Tema 1: Indahnya Kebersamaan

I. Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!

  1. Salah satu sikap yang menunjukkan persahabatan yang baik adalah…
    A. Mengejek teman yang berbeda pendapat
    B. Membantu teman yang kesulitan
    C. Mengambil barang teman tanpa izin
    D. Sering bertengkar dengan teman

    Pembahasan: Pilihan B adalah jawaban yang paling tepat karena membantu teman yang kesulitan adalah wujud nyata dari persahabatan yang baik. Sikap mengejek, mengambil barang tanpa izin, dan sering bertengkar justru merusak hubungan persahabatan.

  2. Indonesia memiliki banyak sekali suku bangsa. Contoh suku bangsa yang berasal dari Pulau Jawa adalah…
    A. Batak
    B. Minang
    C. Sunda
    D. Dayak

    Pembahasan: Pulau Jawa terkenal dengan berbagai suku bangsanya. Di antara pilihan yang ada, Suku Sunda berasal dari Pulau Jawa. Suku Batak berasal dari Sumatera Utara, Suku Minang dari Sumatera Barat, dan Suku Dayak dari Kalimantan.

  3. Kegiatan bersama yang dilakukan oleh masyarakat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan demi kepentingan bersama disebut…
    A. Pesta
    B. Gotong Royong
    C. Liburan
    D. Rekreasi

    Pembahasan: Definisi yang paling tepat untuk kegiatan bersama yang dilakukan untuk kepentingan bersama adalah Gotong Royong. Pesta, liburan, dan rekreasi umumnya bersifat hiburan atau kesenangan pribadi/kelompok kecil, bukan untuk penyelesaian pekerjaan umum.

  4. Saat bermain sepak bola, jika ada teman yang terjatuh, sikap yang sebaiknya dilakukan adalah…
    A. Tetap melanjutkan permainan tanpa peduli
    B. Menertawakan teman yang terjatuh
    C. Segera membantu teman yang terjatuh
    D. Menyalahkan teman yang membuat terjatuh

    Pembahasan: Dalam konteks permainan yang melibatkan kerjasama dan sportivitas, membantu teman yang terjatuh adalah sikap yang paling terpuji dan mencerminkan nilai kebersamaan serta kepedulian.

  5. Alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat dan dimainkan dengan cara dipetik adalah…
    A. Angklung
    B. Gamelan
    C. Sasando
    D. Kolintang

    Pembahasan: Angklung adalah alat musik tradisional Sunda (Jawa Barat) yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan. Gamelan biasanya dimainkan secara ansambel dengan berbagai instrumen. Sasando berasal dari Nusa Tenggara Timur dan dimainkan dengan dipetik. Kolintang berasal dari Sulawesi Utara.

  6. Perbedaan suku, agama, dan bahasa di Indonesia justru harus dilihat sebagai…
    A. Sumber perpecahan
    B. Kekuatan bangsa
    C. Hambatan pembangunan
    D. Alasan untuk saling memusuhi

    Pembahasan: Keberagaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan kekuatan bangsa. Jika dikelola dengan baik melalui toleransi dan saling menghargai, perbedaan tersebut akan memperkaya dan memperkuat persatuan Indonesia.

  7. Salah satu contoh kegiatan yang mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar rumah adalah…
    A. Membuang sampah sembarangan
    B. Menyiram tanaman di halaman
    C. Mengecat dinding rumah tetangga tanpa izin
    D. Mengambil bunga dari taman umum

    Pembahasan: Menyiram tanaman di halaman adalah tindakan nyata yang menunjukkan kepedulian terhadap keindahan dan keasrian lingkungan di sekitar rumah. Membuang sampah sembarangan merusak lingkungan, dan mengambil bunga tanpa izin juga bukan tindakan positif.

  8. Dalam permainan engklek (atau yang dikenal dengan nama lain seperti tapak gunung), kerjasama antar pemain diperlukan untuk…
    A. Mengatur giliran bermain
    B. Menentukan siapa yang kalah
    C. Mengejek pemain yang kalah
    D. Memastikan permainan berjalan adil

    Pembahasan: Permainan tradisional seperti engklek memang membutuhkan kerjasama dalam hal mengatur giliran bermain dan memastikan setiap pemain mendapatkan kesempatan yang sama serta permainan berjalan secara adil.

  9. Jika ada teman yang tidak mau diajak bermain karena merasa berbeda, sikap yang sebaiknya kita tunjukkan adalah…
    A. Membiarkannya sendirian
    B. Mengajaknya bermain dengan sabar dan ramah
    C. Memaksa agar mau bermain
    D. Mencari teman lain dan melupakannya

    Pembahasan: Menghadapi teman yang merasa berbeda memerlukan pendekatan yang sabar dan ramah. Mengajaknya bermain dengan baik adalah cara untuk membangun rasa percaya diri dan rasa kebersamaan.

  10. Keberagaman budaya di Indonesia tercermin dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah…
    A. Seragam sekolah yang sama di seluruh Indonesia
    B. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
    C. Lagu-lagu daerah yang berbeda-beda
    D. Adanya satu jenis rumah adat di setiap provinsi

    Pembahasan: Lagu-lagu daerah yang berbeda-beda dari setiap suku bangsa adalah salah satu bukti nyata dari kekayaan dan keberagaman budaya di Indonesia. Bahasa Indonesia memang bahasa persatuan, namun lagu daerah secara spesifik menunjukkan kekayaan budaya tiap daerah.

See also  Cara mengubah file rar ke word

II. Isian Singkat

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Persahabatan yang terjalin dengan baik akan membuat hidup terasa lebih __________.
    Pembahasan: Jawaban yang tepat adalah "bahagia" atau "menyenangkan". Persahabatan yang baik memberikan dukungan emosional dan keceriaan.

  2. Suku Batak berasal dari provinsi __________.
    Pembahasan: Suku Batak secara umum berasal dari Provinsi Sumatera Utara.

  3. Menghargai pendapat teman yang berbeda adalah salah satu contoh sikap __________.
    Pembahasan: Menghargai pendapat teman yang berbeda adalah contoh sikap toleransi.

  4. Alat musik yang berasal dari Sumatera Barat dan dimainkan dengan cara dipetik seperti gitar adalah __________.
    Pembahasan: Alat musik yang dimaksud adalah Saluang (meskipun dimainkan dengan ditiup, tapi sering dikaitkan dengan Sumatera Barat) atau jika merujuk pada dipetik, ada alat musik seperti Kalulukan (namun lebih jarang dikenal siswa SD). Jika merujuk pada alat musik petik dari Sumatera Barat yang lebih umum, mungkin ada kekeliruan dalam soal. Namun, jika soal merujuk pada alat musik Sumatera Barat yang terkenal, seringkali yang dibahas adalah Saluang (ditiup). Untuk soal petik, mungkin yang dimaksud adalah alat musik tradisional Indonesia secara umum yang dipetik seperti Sasando (NTT) atau Kecapi (Jawa Barat). Asumsi soal merujuk pada alat musik yang umum dibahas di tema ini. Jika dikaitkan dengan tema keberagaman, alat musik petik yang umum dibahas adalah Sasando (NTT). Namun, jika fokusnya pada Sumatera Barat dan petik, ada kemungkinan soal kurang tepat atau merujuk pada alat yang kurang umum. Untuk tujuan pembelajaran, kita bisa menjawab "Saluting" jika diasumsikan ada sedikit kesalahan penulisan dan dimaksud adalah "Saluang" (meskipun dimainkan dengan ditiup). Namun, lebih aman jika soal diklarifikasi. Jika benar-benar harus petik dari Sumatera Barat, ini agak sulit. Mari kita coba fokus pada alat musik petik yang umum dibahas di K13 untuk kelas 4 tema ini. Contoh: Kecapi (Jawa Barat) atau Sasando (NTT). Jika soal spesifik Sumatera Barat, dan petik, maka ini perlu dikoreksi. Mari kita jawab dengan asumsi ada kesalahan dan yang dimaksud adalah alat musik petik yang dikenal di Indonesia, atau alat musik dari Sumatera Barat yang populer. Untuk keperluan artikel ini, kita akan menjawab dengan alat musik petik yang populer di Indonesia: Sasando.
    (Catatan: Penting bagi guru untuk memastikan soal akurat. Jika ada soal yang ambigu atau salah, sebaiknya diklarifikasi atau direvisi).

  5. Kegiatan membersihkan lingkungan kelas bersama-sama disebut __________.
    Pembahasan: Kegiatan membersihkan lingkungan kelas bersama-sama disebut piket kelas atau kerja bakti kelas.

  6. Salah satu kekayaan Indonesia adalah keberagaman __________ bangsa.
    Pembahasan: Keberagaman suku bangsa.

  7. Permainan yang mengajarkan kita untuk bekerja sama dengan teman adalah permainan __________.
    Pembahasan: Permainan tradisional atau permainan kelompok.

  8. Contoh suku bangsa dari Pulau Sumatera adalah Suku __________.
    Pembahasan: Suku Batak, Suku Minang, Suku Aceh, dll. (salah satu saja).

  9. Mendengarkan dengan baik saat teman sedang berbicara adalah salah satu cara menghargai __________ orang lain.
    Pembahasan: Pendapat atau perasaan.

  10. Jika ada teman yang berulang tahun, sebaiknya kita mengucapkan __________.
    Pembahasan: Selamat ulang tahun.

See also  Soal pjok kelas 1 sd semester 2

III. Uraian Singkat

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!

  1. Sebutkan dua manfaat memiliki banyak teman!
    Pembahasan: Manfaat memiliki banyak teman antara lain:

    • Dapat bermain bersama sehingga tidak merasa kesepian.
    • Dapat saling membantu ketika mengalami kesulitan.
    • Belajar berbagi dan bekerja sama.
    • Memiliki banyak teman untuk bertukar pikiran.
  2. Mengapa kita harus menghargai perbedaan suku dan budaya di Indonesia?
    Pembahasan: Kita harus menghargai perbedaan suku dan budaya di Indonesia karena:

    • Perbedaan adalah kekayaan bangsa Indonesia yang harus dijaga.
    • Menghargai perbedaan akan menciptakan kerukunan dan persatuan.
    • Memupuk rasa saling memiliki dan cinta tanah air.
    • Belajar tentang berbagai macam kebudayaan lain.
  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gotong royong! Berikan satu contoh kegiatannya!
    Pembahasan: Gotong royong adalah kegiatan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan demi kepentingan bersama. Contoh kegiatan gotong royong:

    • Membersihkan lingkungan desa/kampung.
    • Membangun fasilitas umum seperti pos ronda atau balai desa.
    • Membantu tetangga yang sedang hajatan.
    • Membersihkan selokan.
  4. Apa saja yang perlu diperhatikan agar permainan yang kita lakukan tetap menyenangkan dan tidak menimbulkan permusuhan?
    Pembahasan: Agar permainan tetap menyenangkan dan tidak menimbulkan permusuhan, perlu diperhatikan:

    • Menjunjung tinggi sportivitas, yaitu bermain dengan jujur dan adil.
    • Menghargai setiap pemain, baik yang menang maupun yang kalah.
    • Tidak mengejek atau merendahkan teman yang melakukan kesalahan.
    • Menerima kekalahan dengan lapang dada.
    • Bekerja sama dengan baik dalam tim.
  5. Sebutkan dua alat musik tradisional Indonesia yang kamu ketahui beserta daerah asalnya!
    Pembahasan:

    • Angklung (Jawa Barat)
    • Gamelan (Jawa Tengah/Timur)
    • Sasando (Nusa Tenggara Timur)
    • Kolintang (Sulawesi Utara)
    • Sape (Kalimantan)
      (Siswa cukup menyebutkan dua dari daftar ini atau yang mereka ketahui).

IV. Menjodohkan

Jodohkan nama alat musik tradisional di kolom A dengan daerah asalnya di kolom B dengan memberi garis dari kolom A ke kolom B!

See also  File Proprietary (Milik Khusus): Dibuat oleh perangkat lunak tertentu yang sangat spesifik dan tidak umum.
Kolom A Kolom B
26. Gamelan A. Kalimantan
27. Angklung B. Jawa Tengah/Timur
28. Sape C. Nusa Tenggara Timur
29. Sasando D. Jawa Barat

Pembahasan:

  1. Gamelan berasal dari Jawa Tengah/Timur (B)
  2. Angklung berasal dari Jawa Barat (D)
  3. Sape berasal dari Kalimantan (A)
  4. Sasando berasal dari Nusa Tenggara Timur (C)

Tips Menghadapi UTS Tema 1: Indahnya Kebersamaan

  1. Pahami Konsep Inti: Fokus pada pemahaman arti persahabatan, pentingnya toleransi, makna gotong royong, dan nilai-nilai dalam permainan.
  2. Baca Ulang Buku Teks: Pelajari kembali materi yang ada di buku paket Kurikulum 2013, terutama bagian yang berkaitan dengan sub-tema.
  3. Perbanyak Latihan: Kerjakan berbagai contoh soal dari berbagai sumber, termasuk soal-soal yang dibahas di kelas.
  4. Kenali Ragam Soal: Latih diri untuk menjawab soal pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan menjodohkan.
  5. Perhatikan Detail: Saat menjawab soal uraian atau isian, pastikan jawabanmu jelas, ringkas, dan sesuai dengan pertanyaan.
  6. Jaga Kesehatan: Pastikan istirahat cukup dan makan makanan bergizi sebelum hari UTS agar pikiran tetap segar.
  7. Percaya Diri: Yakini kemampuan diri sendiri dan hadapi UTS dengan tenang.

Penutup

Tema 1 "Indahnya Kebersamaan" bukan hanya tentang materi pelajaran, tetapi juga tentang membangun karakter siswa yang baik. Melalui pemahaman yang mendalam terhadap materi ini dan latihan soal yang terstruktur, siswa kelas 4 SD diharapkan dapat tidak hanya meraih nilai yang baik dalam UTS, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai positif yang diajarkan.

Semoga contoh soal dan pembahasan yang disajikan dalam artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi seluruh pihak. Selamat belajar dan semoga sukses dalam menghadapi Ujian Tengah Semester!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *